• KAMI


    At-Ta'dib adalah blog Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 Karang banyu Widodaren Ngawi.

  • PENGANTAR

    At-Ta'dib adalah Blog Mahasiswi Tarbiyah ISID Gontor Putri 3, blog ini mulai di launch pada 29 November 2009 diharapkan menjadi media untuk menyuarakan suara kami serta media silaturahmi kami. Blog ini adalah media pendidikan dari kami yang berisikan makalah dan catatan tentang kepondok modernan, pendidikan, filsafat pendidikan, materi kuliah, kegiatan dan lain sebagainya. Selamat Membaca! Semoga Bermanfaat!
  • ARSIP

  • TERBARU

  • META

  • KALENDER

    Januari 2010
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031

PONDOK MODERN DAN REVIVAL OF ISLAM

Islam pernah mengalami kejayaannya, menjadi mercusuar yang menerangi perabadan umat manusia diseluruh permukaan bumi. Kejayaan itu adalah hasil serta jerih payah dan mujahadah serta perjuangan para ulama, sarjana-sarjana, pahlawan dan pemimpin Islam pada masa itu dalam menegakkan dan mengamalkan ajarannya Islam dalam segala bidang kehidupan.

Tetapi kemudian kejayaan itu menjadi muram dan akhirnya padam sama sekali, akibat kelalaian ummat islam sendiri. Akhirnya ummat Islam mundur, turun dari singasana kejayaannya kelapisan paling bawah, sehingga menjadi mangsa kaum Imperialis, sebagai bangsa-bangsa yang dijajah. Kejayaan masa lampau tinggal hanya menjadi kenangan dan impian belaka.

ABAD KEBANGKITAN UMAT ISLAM DAN BANGKITNYA “PONDOK MODERN”

Abad ke 20 merupakan abad kesadaran dan kebangkitan kembali ummat Islam. Munculnya tokoh-tokoh Islam dengan gerakan-gerakan Islamnya seperti Mu‘tamar ‘Alam Islamy di Mekkah, Palestina, Cairo, Karachi dan sebagainya, merupakan motor pembangkit kesadaran ummat Islam untuk bangun dari kelalaiannya, kembali ke kejayaannya dengan ajaran Al-Qur’an dan Sunnah Rasul seperti yang dilakukan oleh bapak-bapak kita dahulu yang telah berhasil mengangkat perabadan ummat manusia ke puncak kejayaannya dan kemakmuran, yang disinari dengan cahaya Islam dan dijiwai dengan semangat pengabdian pemimpin-pemimpinnya

Tetapi kejayaan kembali ummat Islam tidak akan dapat dicapai dengan hanya mengenangkan dan membanggakan masa lampau. Hanya dengan amal perbuatan dan perjuanganlah kejayaannya itu dapat direbut kembali, dibangkitkan lagi.

Pondok Modern telah lama menyadari hal ini, dan selama bermujahadah ke arah itu, melalui pendidikan dan pengajaran Islam. Perlu diketahui bahwa ide mendirikan Pondok Modern ini dicetuskan justru setelah Bapak KH. Ahmad Sahal (Pendiri Pondok Modern) kembali dari menghadiri Mu‘tamar Alam Islamy (Organisasi Dunia Islam) Far‘i Hindy Syarqiyyah (cabang Indonesia) di Surabaya Jawa Timur pada tahun 1926, dimana beliau menjadi salah seorang pesertanya.

Telah dijelaskan, bahwa Pondok Modern merupakan manifestasi daripada kebangkitan ummat Islam, menuju Revival of Islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: